Senin, 29 Oktober 2012

MEMBUAT PENYADAP RADIO FM 1 TRANSISTOR


Pada kesempatan ini saya akan share sedikit tentang pembuatan fm transmitter . Sudah 3 tahun saya mencoba membuat fm transmitter tetapi tidak pernah berhasil , dan baru-baru ini saya akhirnya berhasil membuatnya. Fm transmitter yang saya buat ini saya jadikan penyadap suara , dikarenakan jarak pancarannya lebih dari 50 meter , jarak tangkap suaranya kurang lebih 10 meter , dan sangat sensitive , contoh saja suara laler , suara jam tangan , dan suara angin terdengar jelas lewat radio . berikut gambar fm transmitter kebanggan saya .





Jika anda berminat membuat fm transmitter 1 transistor tersebut , ini gambar rangkaiannya.

Pada rangkaian di atas ada 2 bagian fm transmitter , yaitu penguat mic serta buffer ,dan oscillator . jika anda sudah membuatnya tetapi belum berhasil , saya kira anda salah dalam bagian oscillatornya , karena menurut saya 90 % keberhasilan pembuatan fm transmitter ditentukan dari bagian oscillatornya , jadi anda harus memasang komponen yang sama “PLEK” dengan gambar tersebut , dan yang sulit adalah pembuatan induktornya , jika inductor melebar sedikit saja , bisa jadi oscillator berbeda 1 mhz , tapi jangan kawatir jika bedanya masih bisa di tangkap oleh radio receiver , maka masih berhasil .dan untuk penambahan jangkauan pancarnya bisa di tambahkan antena berupa kabel sepanjang mungkin dan tunggal , serta anda dapat mengganti transistornya dengan 2n2222 atau mps2222 karena transistor tersebut memiliki karakteristik frekuensi dan hfe yang lebih baik. Oke sekian dulu , jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan , insaallah saya jawab sabisa saya.

5 komentar:

  1. mas bro.. bisa hubungi saya di dimboo87@gmail.com

    saya pengen bikin transmitter mini yang mungkin ukurannya separo kelingking..
    bekerja di frekwensi tertentu dan mengeluarkan bunyi "beep" setiap detik.
    akan dipasang di burung hantu saya sebagai telemetry, untuk mengetahui keberadaan owl tersebut.
    yang mungkin punya jarak jangkau hingga 10km mas,,

    apa bisa dibuatkan skema mas ?
    skalian sama receivernya kalo bs..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo bro , sori baru bales , untuk mendeteksi seperti itu saya anjurkan menggunakan FR Beacon , pada pengaplikasian.nya rf beacon sering digunakan untuk mencari pesawat aeromodelling yang crash atau lost signal dalam jarak 1-1.5 km

      ini link yang dapat dideteksi oleh radio ht biasa
      https://instruct1.cit.cornell.edu/Courses/ee476/FinalProjects/s2008/eky2_cc459/website/index.htmlhttps://instruct1.cit.cornell.edu/Courses/ee476/FinalProjects/s2008/eky2_cc459/website/index.htmlhttps://instruct1.cit.cornell.edu/Courses/ee476/FinalProjects/s2008/eky2_cc459/website/index.html

      dan ini untuk lebih dalam dalam pengenalan
      https://instruct1.cit.cornell.edu/Courses/ee476/FinalProjects/s2008/eky2_cc459/website/index.html

      Terima kasih

      Hapus
  2. Saya pingin mencoba.tlg di tuliskan daftar komponennya Dan gambar pcbny ,plus dengan receiverny...

    BalasHapus
  3. Mas alatnya bisa dibeli? Sms 081332805838

    BalasHapus
  4. Mas alatnya bisa dibeli? Sms 081332805838

    BalasHapus